Jumat, 19 April 2019

PENGANTAR GUI

Pemahaman GUI
GUI atau kepajangan dari Graphical User Interface merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer. Selain GUI, ada juga model yang lain seperti Character User Interface (CUI) yang sering kita kenal dengan command line. Dari sisi kenyamanan (attitude), kedua model ini memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi CUI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Bagi mereka, CUI dirasakan lebih nyaman dibandingkan dengan GUI, bahkan setelah GUI pada LINUX berkembang dengan pesat, mereka tetap bertahan untuk menggunakan CUI. Pengguna GUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows.

          GUI atau Graphical Unit Interface, merupakan perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan software tersebut. Kita dapat mengasumsikan bahwa GUI merupakan sebagai bagian dari suatu software yang pertama kali ditangkap mata (secara interface). Dimana suatu software akan kelihatan bagus, jika GUI tersebut tampak menarik. Hal ini termasuk untuk GUI sistem pengenal suara,GUI ini diperlukan agar orang awam mudah dalam mempelajari dan menggunakan sistem tersebut. Untuk lebih kenal dekat dengan GUI, anda dapat perhatikan pada komputer masing-masing yang mana telah dibalut oleh GUI. Contoh saja Sistem Operasi Windows anda atau pun Linux, memiliki tampilan yang disesuaikan dengan cara penggunaan sistem. Berikut ini salah satu sreenshoot dari Sistem Operasi Windows 7 yang juga dibangun dari komponen GUI.

Contoh bahasa pemrograman java gui :
import java.awt.*;
class GridLayoutDemo extends Frame {
public static void main(String args[]) {
GridLayoutDemo gld = new GridLayoutDemo();


gld.setLayout(new GridLayout(2, 3, 4, 4));
gld.add(new Button("ONE"));
gld.add(new Button("TWO"));
gld.add(new Button("THREE"));
gld.add(new Button("FOUR"));
gld.add(new Button("FIVE"));
gld.setSize(200, 200);
gld.setVisible(true);
}

} 
Fungsi GUI
      Dari pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :
(1). Pointing device dengan perangkat berupa mouse
(2). Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi)
(3). Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain
(4). Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
(5). Pembuatan website
(6). Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.


 Java GUI
              JAVA GUI sendiri secara umum sama dengan pemahaman GUI sendiri, namun disini GUI pada JAVA adalah salah satu dari fasilitas Java dalam mengembangkan suatu aplikasi dengan memberikan suatu interface yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan suatu aplikasi, baik skala kecil dan besar. Intinya, GUI pada Java adalah komponen-komponen penyempurna dalam sebuah sistem, seperti komponen navigasi, graphic, interface desktop, komponen menu, sinkronisasi antar interface dan semuanya itu dirancang dengan penelitian yang baik, dimana nantinya aplikasi tersebut dapat dengan mudah dioperasikan user.


Perbedaan AWT dan Swing




Perbedaan utama antara AWT dan Swing in Java adalah bahwa AWT adalah platform yang bergantung pada platform, grafis, dan toolkit widget antarmuka pengguna asli Java sementara Swing adalah toolkit widget GUI untuk Java yang merupakan perpanjangan dari AWT.

Hasil gambar untuk perbedaan awt dan swing

Pengertian AWT

AWT adalah singkatan dari Abstract Window Toolkit. Ini adalah API untuk mengembangkan aplikasi berbasis GUI atau Windows di Java. Ini membutuhkan objek OS asli untuk mengimplementasikan fungsionalitas. Juga, komponen AWT adalah kelas berat dan membutuhkan lebih banyak ruang memori. Apalagi mereka butuh waktu untuk mengeksekusi. Selanjutnya, programmer harus mengimpor paket javax.awt untuk mengembangkan GUI berbasis AWT. Tombol, scrollbars, bidang teks, daftar, dialog, dan panel adalah beberapa komponen AWT. Setelah membuat objek, mereka ditempatkan dalam sebuah wadah. Juga, ia menyediakan ruang yang diperlukan untuk memuat komponen. Biasanya, aplikasi AWT dalam satu OS mungkin terlihat berbeda di OS lain.

Pengertian Swing

Swing adalah toolkit widget GUI untuk Java. Ini dibangun di atas API AWT. Juga, ini adalah bagian dari Java Foundation Classes (JFC) Oracle. Selanjutnya, Swing menyediakan komponen dasar seperti label, kotak teks, tombol, dll. Serta komponen lanjutan seperti panel tab, tabel, dan, pohon. Oleh karena itu, Swing menyediakan komponen yang lebih canggih daripada AWT. Di sini, programmer harus mengimpor paket javax.swing untuk menulis aplikasi Swing. Paket ini menyediakan sejumlah kelas seperti JButton, JTable, JList, JTextArea, dan, JCheckBox.
Swing adalah platform-independent dan komponennya ringan. Selanjutnya, komponen membutuhkan ruang memori minimum. Oleh karena itu, aplikasi Swing mengeksekusi lebih cepat. Salah satu pola desain umum dalam pengembangan adalah pola Model, Tampilan, Pengendali (MVC). Ayunan mengikuti pola ini. Ini membantu menjaga kode dengan mudah.


https://www.google.com/search?q=perbedaan+awt+dan+swing&safe=strict&client=firefox-b-d&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwidrpbQtdzhAhXm4HMBHURkBjcQ_AUIDigB&biw=1366&bih=654#imgrc=VjGw7PZCSkRb2M:

https://perbedaan.budisma.net/perbedaan-awt-dan-swing.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar